Sun. Sep 18th, 2022

Bahkan jika Anda belum pernah menjalani pemeriksaan mata (dan jika belum pernah, Anda pasti harus bergegas ke dokter mata terdekat), Anda mungkin mengetahui beberapa prosedurnya – membaca bagan huruf yang semakin kecil disimpan di kejauhan, mata dokter mencolokkan lensa bertenaga yang berbeda ke dalam alat besar yang tampak mengancam. Sebagai seorang anak, pemeriksaan mata memenuhi saya dengan rasa takut tertentu dan saya tidak berpikir saya pernah mengatasinya.

Jadi apa sebenarnya pemeriksaan mata itu?

Ini pada dasarnya adalah serangkaian tes yang dilakukan oleh dokter mata, yang dirancang untuk memastikan status kesehatan mata pasien. Tes ini dapat berkisar dari menentukan kekuatan dan kondisi mata umum kesehatan penglihatan mata (yaitu apakah Anda dapat melihat dengan jelas tanpa memerlukan kacamata), menentukan kekuatan mata Anda (jika Anda memerlukan kacamata), menguji penyakit mata yang umum, dan memeriksa kondisi seperti seperti buta warna, kelengkungan lensa tidak teratur, dll.

Pemeriksaan mata harus dilakukan hanya oleh dokter mata terlatih. Seorang dokter mata juga dapat melakukan pemeriksaan mata, tetapi itu terbatas untuk menentukan kekuatan mata Anda.

Pemeriksaan mata secara teratur direkomendasikan oleh semua dokter karena sebagian besar penyakit mata tidak menunjukkan gejala. Lebih lanjut, banyak penyakit serius seperti diabetes, hipertensi, dll. dapat bermanifestasi sebagai cacat mata. Dengan demikian, mereka dapat membantu dalam mendiagnosis penyakit serius lainnya lebih awal, membuka jalan untuk pengobatan yang lebih mudah.

Tes mata biasanya dimulai dengan pemeriksaan fitur eksternal mata, seperti kelopak mata, kornea, sklera (bagian putih mata), dll. Setelah itu, pemeriksaan beralih ke tes ketajaman visual (yaitu tes mata tes klinik mata di jakarta kekuatan dan kemampuan mata untuk fokus pada objek dekat dan jauh – tes yang mungkin paling Anda kenal).

Tes selanjutnya adalah tes fungsi pupil untuk mengetahui kesehatan pupil dan mendeteksi kerusakan (fisik, neurologis dll). Setelah ini, pemeriksaan mata dapat mencakup tes motilitas okular (yaitu menguji kemampuan mata untuk mengikuti objek yang bergerak cepat, biasanya dilakukan ketika pasien mengeluhkan penglihatan ganda), dan tes bidang visual. Mungkin ada beberapa tes lain tergantung pada kesehatan mata Anda sendiri.

Biaya pemeriksaan mata mungkin berbeda dari satu negara bagian ke negara bagian dan kota ke kota. Biasanya, pemeriksaan mata dapat dikenakan biaya mulai dari $50 hingga $300 tergantung pada kisaran tes yang dilakukan. Biaya mungkin lebih tinggi jika pasien ditemukan menderita kondisi mata serius yang memerlukan pengujian ekstensif.

Banyak orang cenderung mengabaikan tes mata secara teratur, meskipun mempertahankan gaya hidup sehat dan melakukan pemeriksaan tubuh lengkap secara teratur. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya dalam artikel ini, hal ini seringkali dapat mengungkapkan adanya kondisi medis yang jauh lebih serius, sehingga sangat penting untuk kesehatan mata dan tubuh Anda untuk menjalani pemeriksaan mata secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.