Mon. Jun 27th, 2022

Aqiqah adalah ritual yang dilakukan untuk kelahiran bayi yang baru lahir sebagai tindakan ibadah kepada Allah.

Aqiqah adalah Sunnah Mu’akkadah. Untuk anak laki-laki dua ekor domba harus dikorbankan, yang masing-masing harus memenuhi persyaratan yang sama seperti seekor domba untuk udhiya (pengorbanan), dan untuk anak perempuan satu domba harus dikorbankan. Domba itu harus disembelih pada hari ketujuh, tetapi jika ada penundaan dapat disembelih kapan saja, dan tidak ada dosa untuk menundanya, meskipun lebih baik melakukannya sesegera mungkin.

Mengenai tujuan aqiqah, disebutkan dalam hadits Nabi (ﷺ): “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya.” Para ulama berbeda pendapat tentang makna hadits ini. Dikatakan bahwa maksudnya adalah jika ‘aqeeqah tidak dilakukan untuknya dan dia meninggal di masa kanak-kanak, dia akan dicegah dari syafaat untuk orang tuanya; atau bahwa ‘aqeeqah adalah sarana untuk membersihkan anak dari setan dan melindunginya darinya. Seorang anak dapat kehilangan sesuatu yang baik jika orang tuanya lalai melakukan ‘aqeeqah meskipun itu bukan tindakannya, seperti ketika orang tua bersetubuh, jika ayahnya mengatakan ‘Bismillah’, setan tidak akan membahayakan anaknya, dan jika ia gagal untuk melakukannya anak tidak akan memiliki perlindungan ini.

Jika Anda ingin mengadakan aqiqah sebaiknya Anda menghubungi layanan aqiqah jakarta yang memiliki kambing-kambing sehat, berpengalaman, dan melayani aqiqah sesuai syariat islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.